Kamis, 21 Juni 2012

FORK ADJUSTER (SUNTOUR)


FORK ADJUSTER (SUNTOUR)
Sesuai judul di atas kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang spare part sepeda yang satu ini Fork Adjuster di fork suntour. Sudah lama sejak pertama membeli Cozmic keluaran 2006 dari Polygon mengalami ketidak nyamanan di fork bawaan pabriknya, suara jedag jedug sering terdengar dan merasakan bahwa fork ini terlalu empuk untuk medan cross country, XC dll. Itu selalu membuat saya risih dan berpikir apakah fork yang saya dapatkan ini salah satu produk gagal. Sekian tahun lamanya baru pertengahan 2011 kemarin saya memberanikan diri untuk membongkar fork SF-XCR-RL, mencoba-coba memperbaiki, tapi takut juga kalau bisa bongkar tak bisa pasang hahaa......


                Setelah berhasil mencari di youtube cara membongkar fork suntour ini, akhirnya saya berani membongkarnya sendiri. Pembongkaran pertama, saya berfokus untuk membuat fork ini menjadi sedikit lebih keras dibanding sebelumnya. Sebenarnya XCR ini memiliki preload adjuster yang berfungsi untuk menyetting fork lebih keras atau empuk, tanda (-) sama (+), jika diputar ke arah (-) kompresi fork lebih empuk, gitu juga sebaliknya. Tetapi preload adjuster fork XCR saya ini setelah di putar-putar tidak ada bedanya, entah lah ini fungsi awal dari pabriknya seperti apa!!! lihat forum sana sini ternyata penyakit fork ini semua sama ada yang jedag jedug, terlalu empuk, dan preload seperti tidak berfungsi (waduhh banyak nih penyakitnya).
                Untuk mengakali preload adjuster yang tidak berfungsi akhirnya memutuskan untuk menggantinya. Pergi ke toko sepeda di seputar Yogyakarta dan mencarinya hampir disemua toko tetapi hasilnya nihil untuk main spring dan adjuster yang dicari. Memutar otak dan mencari penyelesaian masalah ini akhirnya pergi ke bengkel las bubut di daerah Yogyakarta dan membuat adjuster yang di modifikasi dari aluminium menggantikan preload yang terbuat dari plastik (gambar A) + mur pemutar untuk menyetting fork lebih keras atau empuk. 


Gambaran adjuster custom (buatan):



No:1 adalah adjuster buatan dan No:2 adalah adjuster asli fork yang berada di “right side”.

 Meski hasil tidak sempurna seperti buatan pabrik tetapi dapat mengganti adjuster plastik yang rusak hehe. 
hasil akhir:



selesai sudah pembongkaran ku kali ini, dalam fork ini tidak hanya membuat preload adjuster dan memasangnya langsung, di dalamnya saya beri pengganjal supaya lebih keras!!
trimakasih mga bermanfaat nih share pengalaman. ini belum di uji coba menjajal track cross country hehehe 




13 komentar:

  1. mas itu kira2 abis berapa(rupiah) bikin kaya gtu?
    soalnya punya saya jg sama,rusak mas..
    jenis forknya RST blaze..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lupa tuh pas nya berapa, tp ke bengkel las bubut kurang dari 100rb klo kemarin waktu saya bkin di jogja

      Hapus
    2. hmmm lumayan juga ternyata, menguras saku,hahah
      100 tu sepasang mas, apa cmn sbelah?
      oh iya satu lagi mas, kalo suara jedag-jedug itu kira2 kenapa ya? soalnya punya saya jg gtu..
      maaf ni banyak tanya,heheh

      Hapus
    3. kurang dari 100 ko, tp cuma kiri aja yg gambar no 1.
      hmm klo jedag jedug sama nih blum ketemu knpa msalahnya hehe.
      tp kyanya sih catridge nya yg di sebelah kanan tu Remote speed-lock cartridge
      mungkin gagal produksi kale ya hahaa

      Hapus
    4. hmm boleh di coba..
      jedag-jedugnya udah ketauan mas, ternyata baut yg sebelah kiri di bagian bawah fork-nya longgar pantes kalo ngelibas track ada suaranya,hahah
      oh iya, makasi infonya mas!^^

      Hapus
  2. ..wahh jadi kepingin nih...
    tapi aku malah kebalikannne, fork ku keras RTS Dirt 120 pinginy sih biar tambah empuk lagi,, gimana dong caranya... kasih Link yutube ato apa lah,,, ,

    mohon infone donggg... Tq.
    iponkgmx@gmail.com

    BalasHapus
  3. kl mau memperbaiki lock shock yang rusak gmana ya?punya saya SUNTOUR XCR, sepeda baru beli, trus puterannya waktu sepeda jalan saya putar mau mainkan shocknya setelah itu ga bisa kembali lagi.jadi shocknya trus main karena ga bisa lagi dilock.

    BalasHapus
  4. yang jedak jeduk itu hanya kurang press aja forknya... buka baut yg dari bawah

    BalasHapus
  5. Kalo mw g bunyi ganti ama fork jenis RIGID

    BalasHapus
  6. fork saya lock nya gak fungsi mas,jadi terlalu empuk..mohon bantuannya bisa minta no hp nya ?makasih

    BalasHapus
  7. untuk detail nya press fork gimana ya.. setelah dibuka baut yang bawah, thanks

    BalasHapus
  8. Mas itu ukuran fork adjuster brp? Atau semua sepeda sama ukurannya dan drat nya? Saya pny mslah yg sama mas , kalo bisa boleh mnta no. Wa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran nya gk tau mas, saya bongkar aja trus ke tukang bubut tolong bikinin tau beres

      Hapus