Rabu, 10 Oktober 2012

Jenis-jenis sepeda??

Apa kabar kawan-kawan semua pecinta bersepeda, sekarang saya akan berbagi info tentang jenis-jenis sepeda dari segi manfaat dan penggunaannya. Sebuah sepeda memiliki karakteristik tersendiri sesuai kebutuhan penggunanya, sepeda bagus dan enak dipakai bukan berarti sepeda itu harus mahal, tetapi sepeda bagus adalah sepeda yang sesuai dengan kegunaan dan tentunya komponen-komponen yang sesuai + membuat percaya diri orang yang memakai (kembali lagi ke mahal dong haha)......




Sepeda secara umum yang saya ketahui dan memang sok tahu bisa di bagi 3, yaitu: BMX, MTB, ROAD BIKE.

BMX, merupakan sepeda mini tanpa pengoper gigi (alias single speed), BMX sendiri ada 2 tipe nih, mini bike yang biasanya di gunakan untuk anak-anak yang baru mau belajar dengan 2 roda pembantu di belakang.
dan BMX satu lagi sebut saja BMX standar ^_^, biasanya di pakai oleh anak usia 9-15tahun, cocok nih buat anak SD dan SMP agar aman karena sesuai dengan tubuh dan tidak di bilang “besar sepeda dari pada orangnya”. Ternyata BMX tidak hanya di gemari oleh anak-anak saja, orang dewasa pun sering menggunakan meski kebutuhan dan penggunaannya berbeda, orang dewasa yang memakai BMX biasanya untuk freestyle, dan perlombaan balap.
RAZOR PRO (Polygon)


MTB (MounTain Bike), seperti namanya, sepeda ini di gunakan untuk bersepeda di pegunungan(off-road). Ciri utamanya memiliki suspensi depan, operan gigi beberapa speed, ban radial. MTB pun ada yang untuk anak kecil (MTB kids) dan orang dewasa, biasanya dilihat dari ukuran frame.
XTC Team 2007 (GIANT)

ROAD BIKE, sepeda jalan raya ini dapat berupa sepeda balap dan juga city bike atau urban bike, sepeda urban ini di khususkan untuk kaum urban di perkotaan yang membutuhkan spesifikasi sesuai dengan dareah kota. 
Road Bike Race (Polygon)

Seperti sepeda lipat, digunakan untuk bersepeda di keramaian dan kepadatan lalu lintas, dimana sepeda lipat bermanfaat dalam pengefisienan waktu, contohnya ketika jarak halte dengan rumah yang lumayan melelahkan jika jalan kaki kita bisa menggunakan sepeda ini, dan setelah di halte kita bisa melipat dan membawanya naik bus ke manapun yang diinginkan tanpa memakan banyak tempat (di dalam Bus).
Urban Bike (Polygon)
Urban Bike (Polygon)

City Bike (Polygon)

Seperti gambar diatas, city bike atau yang lebih sering di sebut sepeda sayur (di daerah saya), mungkin karena sepeda ini mempunyai keranjang depan dan selalu di pakai ibu-ibu untuk membawa belanjaan dari pasar dan seringnya membawa sayuran, maka sepeda ini sering disebut sepeda sayur hehe. Sekian penjelasan dari saya mengenai jenis sepeda semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar