Kamis, 17 Maret 2011

Perkembangan Islam di Asia

A.              Perkembangan Islam di Asia
Dari dua kota oasis di padang pasir Arab yang bernama Makkah dan Madinah, risalah Islam menyebar dengan cepat seperti kilat. Bahkan tidak sampai setengah abad semenjak wafatnya Nabi saw, Islam telah menyebar ke tiga benua.
Penyebaran Islam tidaklah seperti yang dibayangkan oleh Barat / Orientalis, Islam bukanlah sebuah  Agama yang disebarkan dengan pedang dan hanya dengan peperangan. Peperangan itu terjadi hanya di wilayah Arab, yang dimasa itu merupakan wilayah pemuja berhala dengan suku – suku berkarakter kasar, Islam memerangi mereka dikarenakan hanya dengan cara ditaklukan saja mereka yang menolak pesan Allah dapat luluh hatinya, bagi jemaat Kristen dan umat Yahudi telah dibuktikan oleh sejarah bahwa mereka tidak dipaksa sama sekali untuk mengubah keyakinan mereka. Diluar wilayah Arab sendiri, dimana wilayah yang luas dapat ditaklukan oleh tentara Arab, dalam jangka waktu yang singkat, telah dicatat oleh sejarah bahwa mereka (pendukuk yang ditaklukan) menjadi Muslim bukan karena ancaman pedang tetapi karena agama baru ini telah membuat mereka damai dibandingkan pemerintahan sebelumnya. Hanya keimanan kepada Allah swt dan keyakinan akan kemurahan hatiNya lah yang membawa persaudaraan Islam menjadi suatu angka yang fantastis.
Agama baru ini tidak pernah dan tidak boleh memaksa orang untuk merubah keyakinan, tetapi kami hanya diwajibkan untuk menyampaikan kabar gembira ini dan setelah itu kami serahkan kepada Allah swt untuk memberi hidayah (petunjuk) atau tidak. Semua ini kami lakukan, bahwa bukanlah manusia yang membuat seseorang memeluk Islam, tetapi karena kemuran hati Allah swt sajalah yang telah memberi kami petunjuk untuk melihat kabar gembira ini.
Tidak adanya pemaksaan ini dapat dibuktikan dengan masih banyaknya penganut agama lain yang hidup aman dan tenang di negeri - negeri Islam seperti penganut Yahudi dan Kristen di Libanon dan Mesir, Budha dan Hindu di Indonesia, Thailand (sejarah membuktikan bahwa dahulu Thailand dibawah kekuasaan kerajaan Islam Pattani). Bahkan ada diantara para non Muslim yang menjadi pejabat penting dalam negara mayoritas Islam yang hal ini sulit kita temui dinegara dengan mayoritas penduduknya beragama lain.
Lebih dari itu, penyebaran Islam yang secepat kilat ini tidak hanya terjadi dimasa - masa expansi bangsa Arab, tetapi juga berlangsung dimasa - masa setelahnya hingga kini. Sebagai contoh, bangsa Turki, selama berabad - abad mereka telah memeluk dan menyebarkan Islam karena merasakan kedamaian yang dibawa agama ini. Juga bangsa India di anak benua asia dan Melayu di Asia Tenggara, bangsa - bangsa ini telah membuktikan bahwa di bawah pelaksanaan Islam yang benar, mereka dapat tampil dalam kekuatan dunia dan menjadi bangsa yang diperhitungkan di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar