Sabtu, 13 Oktober 2012

Apa Itu WEB (pengenalan web)


Pengenalan WEB
Kebutuhan manusia akan informasi yang semakin tinggi, membuat pesatnya perkembangan teknologi elektronik termasuk teknologi informasi yaitu sistem informasi menggunakan internet. Salah satu teknologi 





tersebut adalah World Wide Web atau lebih kita kenal dengan web, merupakan sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui web browser di internet.
Apa itu web?, web/ Website adalah halaman informasi yang disediakan dalam jalur internet, dimana website bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan kumpulan dari teks, gambar, video sehingga lebih menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi. website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
  1. Website Statis
  2. Website Dinamis
  3. Website Interaktif

WWW (World Wide Web) merupakan bagian dari internet yang cepat berkembang dan paling populer. WWW merupakan jaringan beribu-ribu komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu : client dan server. Dua hal yang perlu diperhatikan adalah software web server dan software web browser. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dan web server. HTTP merupakan protokol standar yang digunakan dalam mengakses dokumen HTML. URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu sarana untuk menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat.
  • http adalah protokol yang digunakan
  •  www.oto.detik.com adalah nama host atau server komputer dimana informasi yang dicari berada
  •  kanal/1207 adalah jalur atau path dari informasi yang dicari.
  • Berita-mobil adalah nama file dimana informasi tersebut berada.

Dalam sebuah website kita memerlukan domain dan hosting. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer di jaringan komputer atau internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet. Contoh “facebook.com”. Hosting adalah tempat kita menyimpan file file website kita, bisa diibaratkan jika domain adalah sebuah alamat, maka hosting adalah rumah dari alamat tersebut.
Salah satu hosting Indonesia “hostjogja.com”, disini kita (pemula) untuk belajar berbisnis website dapat membeli hosting dan domain secara murah. Kunjungi websitenya




Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar