Selasa, 05 Maret 2013

install wordpress di localhost




Menginstall wordpress di localhost tidaklah sesulit yang dibayangkan, setelah menginstal xampp di windows maka kita tinggal menjalankan xampp lalu dilanjut dengan menginstall wordpress di localhost. Install wordpress di localhost berguna untuk membuat sebuah konsep artikel terlebih dahulu sebelum mengekspornya ke blog WordPress meng-uploadnya pada saat kita on line. Dengan menjalankan WordPress di localhost, kita juga dapat belajar mengembangkan tema mengedit / menguji theme wordpress,

bahkan plugin yang kita buat untuk di uji coba terlebih dahulu, dll. Fasilitas ini cocok bagi blogger yang tidak selalu online. Demikian pula bagi blogger yang masih mengandalkan warnet sebagai fasilitas untuk blogging.

Mari kita bahas langkah-langkah install wordpress di localhost :
1. Download terlebih dahulu Wordpress versi terbaru di website wordpress.org
2. Extract file wordpress yang tadi di download di direktori C:\Program Files\xampp\htdocs
3. Buka browser Mozilla, Google Chrome, Internet Explore, atau , Opera, atau browser apapun yang sedang kita gunakan.
4. Pada address bar di browser, masukan http://localhost lalu “Enter”

5. Pilih menu phpMyAdmin
6. Buatlah sebuah Database baru “Create Database” dengan nama “wordpress” dan isi Collation-nya dengan “utf8_unicode_ci”. Klik “Create/ciptakan”.

7. Buka browser ketikan di url http://localhost/wordpress
8. Create a Configuration File.



9. Pada halaman berikutnya langsung klik  “Let’s go!”

10. Selanjunya isi, Database Name dengan wordpress, User Name dengan root, Password dikosongkan Isi Database Host dengan localhost, Table Prefix dengan wp_, klik “submit”.

11. Pada halaman berikutnya klik “Run the install”.

12. Akan muncul halaman Welcome untuk mengisi data situs yang akan dibuat. Isilah Site Title, Username, Password, dan Email sesuai pilihan kalian. Pada Privacy, tidak penting untuk menyentang “Allow search engines to index this site” karena wp di install di localhost. Dan klik “Install WordPress”.

13. Install wordpress di localhost telah selesai, silahkan login sesuai dengan username dan password yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.




14. Login success dan kita akan masuk ke dashboard.


Terima kasih atas kunjungannya, semoga dapat membantu
marzuqidwi.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar